Wednesday, January 23, 2013

Sintesis Asam Salisilat

Sifat dan fungsi bahan:
a. Minyak Gondopuro : sebagai sumber metil salisilat
b. NaOH : Mengubah metil salisilat menjadi garam salisilat melalui safonifikasi
c. Asam sulfat : memprotonasi garam salisilat menjadi asam salisilat

Reaksi yang terjadi pada sintesis asam salisilat:



Jika menginginkan asam salisilat sebanyak 5 gram maka:
mol asam salisilat = massa / Mr = 5 / 138 = 0,036 mol
metil salisilat yang dibutuhkan = mol metil salisilat x Mr metil salisilat = 0,036 x 152 = 5,472 mol
Minyak gondopuro (kadar 90%) yang dibutuhkan = (100/90) x 5,472 = 6,08 gram
Jadi volume NaOH = M x V = 5 M x 0,036 mol = 7,24 mL


Alat dan bahan
1. Alat
a) Satu set alat refluks
b) Gelas ukur
c) Satu set alat rekristalisasi
d) Beaker glass 250 mL
e) Buchner
f) Kertas saring
g) Penentu titik leleh
2. Bahan
a) Minyak gondopuro
b) NaOH 5M
c) H2SO4 5M
 

Prosedur Kerja
1. Menulis reaksi yang terjadi
2. Menghitung bahan yang digunakan bila diinginkan hasil sebanyak 5 gr
3. Memasukkan NaOH ke dalam labu 250mL yang telah dilengkapi dengan pendingin dan menanbahkan minyak gondopuro secara bertetes-tetes
4. Merefluks campuran selama 30menit atau sampai semua padatan larut lalu mendinginkan sampai temberatur kamar kemudian menambahkan asam sulfat 5M bertetes-tetes sambil diaduk
5. Menghentikan penambahan asam sulfat setelah terbentuk endapan
6. Menyaring endapan yang didapat/ terbentuk dengan penyaring Buchner kemudian mengeringkannya dibawah lampu
7. Menimbang, menentukan titik lebur, bau, warna, dan rendemennya.


Diagram rangkaian alat





Pembahasan
Percobaan kali ini berjudul Sintesis Asam Salisilat yang bertujuan untuk melakukan identifikasi sifat fisik hasil reaksi dari sintesis, menghitung rendemen reaksi serta memiliki kecakapan mensintesis senyawa organik. Metil salisilat merupakan senyawa ester yang merupakan penyusun utama dari minyak gondopuro yaitu 96 – 99%.
Senyawa yang terkandung dalam minyak gondopuro yaitu metil salisilat (96-99%), paraffin, aldehid. Keton, alcohol (C8H16O) dan ester (C14H24O2). Minyak gondopuro berwarna bening kekuningan sampai kemerahan terutama jika terdapat kotoran utama berupa besi. Metil salisilat merupakan bahan dasar dalam sintesis senyawa azo, pengawet bahan makanan dan bahan dasar pembuatan aspirin. Asam salisilat diperoleh melalui hidrolisis metil salisilat dengan NaOH. Hidrolisis ester dengan katalis basa alkenal disebut juga dengan penyabunan / saponifikasi dan bersifat tidak dapat balik.
Akibat dari media reaksi yang bersifat basa, maka asam salisilat yang dihasilkan adalah dalam bentuk garam. Asam bebas dapat diperoleh dengan melarutkan garam ke dalam asam.
Sintesis asam salisilaat dalam percobaan ini melalui beberapa tahapan yaitu : menghitung jumlah bahan yang digunakan jika dihasilkan 5 gram asam salisilat. Bahan – bahan itu meliputi NaOH yang digunakan pada reaksi peyabunan terhadap metil salisilat dan minyak gondopuro sebagai sumber metil salisilat. Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa jumlah NaOH yang diperlukan adalah 7.2 ml dan minyak gondopuro sebanyak 5.48 gram.
Pada saat penambahan minyak gondopuro ke dalam NaOH 5M langsung menggumpal menjadi endapan putih. Reaksi ini dinamakan reaksi penyabunan. Setelah dilakukan refluks dan pendinginan, H2SO4 ditambahkan secara bertetes – tetes sampai terbentuk endapan kembali. Penambahan asam sulfat ini dimaksudkan untuk mengasamkan garam salisilat menjadi asam salisilat bebas. endapan disaring dan kemudian dikeringkan.
Pada percobaan ini tidak ditentukan titik lelehnya sehingga tidak diketahui kemurniannya. Secara teoritis, titik leleh asam salisilat adalah 159 derajat selsius, larut dalam amoniak cair, mudah menyublim, berat jenis pada 200C adalah 1.443 dan pada suhu tinggi mudah terurai menjadi fenol dan CO2.


KESEMPATAN MENDAPAT REJEKI TAMBAHAN!!
Rp 10.000 untuk setiap alamat email yang valid.
Silahkan buktikan dengan klik link berikut:
GET MONEY
lalu input nama dan email yang aktif secara benar.
Selanjutnya klik JOIN NOW dan isi form pendaftaran dengan data jujur dan sebenarnya (nama dan email harus sama dengan input sebelumnya).
Setelah selesai klik JOIN.

SAYA TELAH MEMBUKTIKAN, dan sekarang giliran Anda.
SEMOGA SUKSES. aamiin
 

Sintesis Asam Salisilat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: andhiart ab

0 comments:

Post a Comment

Untuk pembaca yang menginginkan pembahasan atau kunci jawaban dari post soal silahkan wa 08562908044 (fast respond) | monggo tinggalkan kritik, saran, komentar atau apapun ^_^