Wednesday, January 30, 2013

Pantai Suwuk Kebumen

Menghilangkan kepenatan setelah lelah menjalankan rutinitas harian sangat bermanfaat untuk kesehatan dan meningkatkan semangat untuk melanjutkan rutinitas kembali. Salah satu tempat untuk berlibur yang nyaman dan tidak memerlukan banyak biaya adalah pantai. Pantai Suwuk yang berlokasi di Kebumen tepatnya di Kecamatan Puring menjadi pilihan berlibur pada hari Sabtu, 26 Januari 2013 kemarin.

Perjalanan menuju Suwuk jika ditempuh dari rumah saya di Kambangsari, Alian, sekitar 1 jam. Karena saya orangnya susah menghafal rute jalan, maka pada waktu perjalanan ke sana saya tidak melupakan penunjuk jalan yang saya buat sendiri berdasarkan informasi dari seorang teman :) Berikut adalah rute menuju pantai Suwuk yang dimulai dari Alul-alun Kebumen:
Bank BPD Jateng alun-alun ke kiri, lurus terus setelah melewati lampu merah Soka, belok kiri menuju jalan soka, sampai di pasar dorowati lurus, di pertigaan klirong ambil kanan, lurus terus hingga halte petanahan belok kanan, di pertigaan alfamart petanahan belok kiri, 100 m blok kanan, lurus terus mpe suwuk.

Ini bukanlah kali pertama saya pergi ke Suwuk, tapi setelah lama sekali tidak ke Suwuk, banyak sekali perubahan yang terjadi. Akses jalan menuju Suwuk bagus dan sesampai di pantai pun, pemandangan yang tidak kalah bagus akan kita dapati. Sebelumnya, dua kali saya pergi ke Suwuk bersama saudara dan teman-teman saya, motor saya parkir di tempat yang bukan resmi milik wisata pantai Suwuk melainkan ada tempat parkir yang berada di belokan sebelum parkir area pantai Suwuk. Ketika parkir di tempat yang tidak resmi, hanya ada biaya parkir motor saja tetapi kemarin ketika saya memarkirkan motor di tempat yang resmi, ternyata ada biaya parkir untuk motor sebesar Rp 2000, dan biaya masuk Rp 3500 per orang, hehe.. ya lumayan lah tidak terlalu mahal.


Setelah motor di parkir, saya dan teman segera berjalan mendekati pantai, suasana yang berbeda yang tambah bagus saya rasakan dibanding kedatangan saya ke Suwuk beberapa waktu sebelumnya. Perbedaan yang tampak diantaranya adalah dibangunnya jalan paving di sekitar pantai sehingga memudahkan oengunjung untuk berjalan di sekitar pantai, letak pedagang yang menggunakan tenda semi permanen ditata lebih rapi, dan beberapa meter dari bibir pantai sedang diadakan penanaman pohon cemara yang tertata rapi yang sepertinya pohon tersebut belum lama ditanam.

Pemandangan di pantai Suwuk memang sangat indah, lebih indah dibandingkan dengan pantai Bocor maupun pantai Petanahan, ini menurut pendapat saya pribadi loh ya. Dari pantai Suwuk, kita dapat melihat pemandangan pantai Karang Bolong yang letaknya berseberangan. Biasanya juga terdapat perahu yang menyeberangkan pengunjung dari pantai Suwuk menuju Karang Bolong, tetapi saat itu karena sering hujan dan ombak terlihat besar, maka perahu tersebut tidak beroperasi. Padahal kalau perahu tersebut beroprasi, saya dapat mengunjungi dua pantai sekaligus sekali jalan :) 
Pemandangan pantai Suwuk

Pantai Karang Bolong yang tampak dari Pantai Suwuk

Dua buah pegunungan di tepi pantai Suwuk

Pemandangan pantai Suwuk
Puas menikmati pemandangan pantai, sangat dianjurkan untuk menikmati kuliner yang terdapat di pantai Suwuk. seperti pantai-pantai lain yang terdapat di Kebumen, kebanyakan kuliner yang dijajakan di sekitar pantai adalah pecel dan nasi kupat serta pelengkap lainnya yang enak rasanya. Waktu itu saya da teman saya memesan sebuah es kelapa muda utuh, dua gelas es teh, nasi pecel dua porsi, mendoan empat buah (dua dibungkus dibawa pulang), sebuah tahu tepung, sebuah sate yutuk, dan sebuah peyek yutuk semuanya Rp 30.000. Alhamdulillah warung yang kita pilih untuk menikmati kuliner tidak salah karena Ibu penjualnya cantik dan ramah, tempatnya bersih, dan rasa masakannya yummmmmyyyyy :). Sayangnya saya tidak kepikiran untuk menanyakan nama Ibu itu, yang pati letak warung ibu itu ada di pojok nomor dua ujung dekat perbatasan dengan pantai karang bolong.
pedangang makanan di pantai Suwuk



Pantai Suwuk Kebumen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: andhiart ab

2 comments:

  1. kemarin liburan aku sempet kesana pantainya bagus,,,tapi sayangnya pedangan kurang tertata jadi kesanya kumuh ,,,terus sampah berserakan dmna2 jd kurang nyaman ngliatnya,,,,hmmmm harusnya pemda kebumen memperhatikan kebersihan dan kenyamanan pengunjung terus menambah fasilitas umum

    ReplyDelete
  2. kemarin liburan aku sempet kesana pantainya bagus,,,tapi sayangnya pedangan kurang tertata jadi kesanya kumuh ,,,terus sampah berserakan dmna2 jd kurang nyaman ngliatnya,,,,hmmmm harusnya pemda kebumen memperhatikan kebersihan dan kenyamanan pengunjung terus menambah fasilitas umum

    ReplyDelete

Untuk pembaca yang menginginkan pembahasan atau kunci jawaban dari post soal silahkan wa 08562908044 (fast respond) | monggo tinggalkan kritik, saran, komentar atau apapun ^_^