Thursday, January 24, 2013

Uji Protein

Tes Xantoprotein
Pereaksi xantoprotein adalah larutan asam nitrat pekat. Jika larutan asam nitrat pekat dimasukkan ke dalam larutan protein secara hati-hati, akan terbentuk endapan putih, dan berubah menjadi kuning jika dipanaskan. Gejala ini akibat nitrasi pada inti benzena yang terdapat dalam protein.
Pereaksi xantoprotein positif terhadap protein yang mengandung asam amino dengan gugus samping fenil seperti asam amino tirosin, fenilalanin, dan triprofan.


hasil tes xantoprotein pada beberapa sampel



Tes Hopkins-Cole
Pereaksi Hopkins-Cole dibuat dari asam oksalat dan serbuk magnesium dalam air. Pereaksi ini positif terhadap protein yang mengandung asam amino dengan gugus samping indol, seperti pada asam amino triptofan.
Dalam pereaksi ini, asam oksalat direduksi menjadi asam glioksilat dengan bantuan katalis serbuk magnesium:
Asam glioksilat yang terbentuk mengkondensasi asam amino triptofan membentuk senyawa berwarna. Setelah H2SO4 pekat dituangkan, akan terbentuk dua lapisan dan beberapa saat kemudian terbentuk cincin ungu di antara batas kedua lapisan itu.

Tes Millon
Pereaksi Millon adalah campuran larutan raksa (I) nitrat dan raksa (II) nitrat dalam asam nitrat. Jika pereaksi Millon ditambahkan ke dalam larutan protein, akan dihasilkan endapan putih yang dapat berubah menjadi merah akibat pemanasan.
Pereaksi ini positif untuk protein yang mengandung asam amino dengan gugus samping senyawa fenol sebab terjadi reaksi antara senyawa raksa (II) dengan gugus hidroksifenil membentuk senyawa berwarna. Protein yang mengandung tirosin akan memberikan hasil positif.

hasil tes millon pada sampel albumin



hasil tes millon pada sampel gelatin
Tes Biuret (download materi)
Tes Nitroprusida (download materi )
Tes Sakaguchi (download materi)

Pereaksi Ninhidrin (download materi)

KESEMPATAN MENDAPAT REJEKI TAMBAHAN!!
Rp 10.000 untuk setiap alamat email yang valid.
Silahkan buktikan dengan klik link berikut:
GET MONEY
lalu input nama dan email yang aktif secara benar.
Selanjutnya klik JOIN NOW dan isi form pendaftaran dengan data jujur dan sebenarnya (nama dan email harus sama dengan input sebelumnya).
Setelah selesai klik JOIN.

SAYA TELAH MEMBUKTIKAN, dan sekarang giliran Anda.

SEMOGA SUKSES. aamiin


Uji Protein Rating: 4.5 Diposkan Oleh: andhiart ab

0 comments:

Post a Comment

Untuk pembaca yang menginginkan pembahasan atau kunci jawaban dari post soal silahkan wa 08562908044 (fast respond) | monggo tinggalkan kritik, saran, komentar atau apapun ^_^