Wednesday, January 4, 2012

Sekaten - Yogyakarta Istimewa

Yogyakarta Istimewa memang tidak salah jika kita mengatakan demikian. Apa sih yang tidak menarik untuk diperbincangkan tentang Yogyakarta? Mulai dari kulinernya, wisatanya, maupun budayanya benar-benar khas dan menyenangkan, betul tidak? Hal ini terbukti lhoh dari survey saya sendiri, saya melakukan survey kecil-kecilan mengenai orang-orang yang pernah ke Yogyakarta atau yang bisa disebut Jogja, mereka pasti akan kangen lagi untuk bisa kembali ke Jogja Istimewa ini. Ya saya bersyukur lah bisa belajar di Jogja, setidaknya saya bisa tinggal lama di kota ini.

Oke langsung ke pokok pembicaraan kita ya, Sekaten, kalau menurut wikipedia indonesia adalah acara peringatan ulang tahun nabi Muhammad s.a.w. yang diadakan pada tiap tanggal 5 bulan Jawa Mulud (Rabiul awal tahun Hijrah) di alun-alun utara Surakarta danYogyakarta. Upacara ini dulunya dipakai oleh Sultan Hamengkubuwana I, pendiri keraton Yogyakarta untuk mengundang masyarakat mengikuti dan memeluk agama Islam. Nah, belum lama ini saya ke Sekaten bareng teman-teman kelas Pend. Kimia'08 tepatnya tanggal 30 Desember 2011 (lama ya setahun yang lalu, hehe..). Sekaten ini tiap tahun diadakan dan alhamdulillah tiga tahun ini berturut-turut saya selalu datang. Tahun pertama datang bareng teman kost E.21, tahun kedua dan ketiga bareng teman-teman kelas Pend. Kimia'08

Rasanya tidak pernah bosan untuk ke sekaten. Saya masih ingat tahun pertama saya ke sekaten saya masuk ke rumah hantu dan naik ombak. Haha saya merasa menyesal masuk rumah hantu karena ternyata rutenya sangat pendek dan di dalah hanya ditakuti-takuti orang sambil kaki saya ditarik, sandal saya hampir saja lepas, ndak lagi-lagi deh masuk rumah hantu di sekaten. Lain lagi kalau naik wahana ombak, pertama kali saya naik ini saya merasa takut dan berteriak-teriak, tapi lama-lama saya menikmati. Saking senangnya naik wahana ombak, tiap kali ke sekaten harus naik ombak :). Pengalaman ke sekaten selalu berkesan.

Ada yang beda di pengalaman ke sekaten saya yang ketiga. Awalnya rencana ini hampir saja gagal karena cuaca sering grimis tidak menentu tapi akhirnya jadi terlaksana juga karena setelah isya tidak turun hujan walaupun cuaca tetap mendung. Saya, Fajar, Dahvia, Ririn, Yuni, Dwi, Tyas, dan Kurnia berangkat bersama dari MIPA UNY. Seperti dugaan karena ini musim liburan maka semua jalanan rame gila! Kami harus bersabar mengantri macet jalan untuk sampai ke tempat sekaten. Alhamdulillah berkat petunjuk jalan dari Yuni kita sampai juga ke sekaten. Motor kita parkir di depan Kantor Bank BNI. parkir motor Rp 3000,-

Sebenarnya personel PKimR'08 tidak hanya itu yang ikut, kami juga sudah janjian dengan Resti, Acik, Zella, dan Esa untuk bertemu di sekaten. saat itu suasana di sekaten sangat rapai, padat dat pokoknya sehingga kami agak susah mencari tempat untuk ketemuan. Akhirnya kami memutuskan untuk bertemu di dekat wahana bom-bom car di depan keraton. Waktu berjalan tidak lama kemudian Resti, Acik, Zella, dan Esa datang juga. Belum sampai disitu, kami harus menunggu Rahmat, Tri, dan Yogo dulu. Sebenarnya Yoyok juga ada di sekaten, tapi berhubung sodaranya minta pulang cepat jadi kita tidak bertemu Yoyok deh..

Menunggu Rahmat dan Tri begitu lamanya, akhirnya kita yang sudah kumpul (sapa saja hayo?) memutuskan untuk naik wahana kincir angin dulu (itu lhoh yang bentuknya seperti sarang burung). Wah hampir saja kita naik kincir eh malah turun gerimis, tapi terlanjur sudah beli tiket akhirnya ya naik saja, naik kincir angin sambil grimisan haha... :D. Selesai naik kincir angin hujan turun begitu derasnya sehingga kami harus berteduh dulu. Beberapa lama kemudian hujan berhenti dan akhirnya kita bertemu Yogo, Tri, dan Rahmat. oke sudah lengkap sekarang. Oke ceritanya lanjut pakai foto berikut ya :)

Berikut ini foto-foto sekaten saya pada tanggal 20 Januari 2010 (maklum dulu belum sempat upload)

Saya dan Djarwo naik wahana ombak

Saya, Djarwo, dan Ririn menunggu ombak diputar...ayyee!! :D

Saya, Djarwo, Resti, Beti, Roni, Dwi, Ririn, Acik, dan Kurnia

Yotok, Ririn, Resti, Saya, Dwi, Roni, dan Beti foto di depan keraton

Wuaa.. Iis dan Djarwo rebutan burger! (istirahat mekan di sela jalan-jalan sekaten)

menunggu pesanan "wedang ronde" narsis dulu ah

Bergaya di atas lampu pohon depan keraton ^_^v

efek dari lampu pohonnya jadi bikin gimanaa... gitu :">

Di Sekaten kan ada pasar malam juga, kita lagi pilih-pilih sandal nih.. :)
 Nah kalau foto-foto berikut udah di tahun 2011 tepatnya tanggal 30 Desember
Wahana Komidi Putar, tapi sayang saya tidak mencoba wahana ini.

Hehe bergaya dulu aah di depan kuda hitam (wahana komidi putar Sekaten Yogyakarta)

Hix...karena hujan turun yang deras maka wahana ombak ini tidak beroprasi, becek...ga ada ojek.. ^_^. Tapi Ada wahana ombak lain selain ini yang beroprasi, Saya, Ririn, Dahvia mencobanya..Asyiiik..!! Dahvia sandalnya lepas dan sempat ketakutan di awal-awalnya.
 Setelah naik ombak kita naik wahana Kura-kura (Kora-kora tapi kecil jadi namanya Kura-Kura). Ini pengalaman pertama saya naik Kura-Kura.. Awalnya saya biasa saja, tapi lama-lama setelah kapal bergerak kencang saya merasa takuuuuut sekali,, saya tidak berani buka mata, saya tidak bisa teriak, saya merasa akan jatuh, saya pasrah sama Alloh saat itu. Teman-teman di bawah yang tidak ikut naik takut melihat saya, saya dikiranya pinsan.. hehehe.. :p
Sebelum hujan jalan ini sungguh rame, tapi setelah diguyur hujan jadi sepi becek pula...

Hehe bergaya di tiang lampu di depan Kantor Bank BNI

Gaya lagi aah :)

Setelah cukup lama berteduh...kami bersiap pulang...
Perjalanan pulang menuju Kost Saya boncengan dengan Dahvia, sekitar pukul 22.30 WIB. Huft...tidak disangka di tengah jalan hujan turun dengan derasnya..Kami tidak berteduh lagi karena sudah malam dan kami nekat menerjang hujan tanpa mantol...bisa ditebak hasilnya khan.. Ya! Kami sampai kost basah kuyup. Terima kasih buat mbak Resty yang sudah membukakan pintu untuk Kami (Dahvia malam itu tidul di kamar saya).
Setelah ganti dan bersih-bersih, lalu minum air hangat, saya dan Dahvia bersiap tidur tapi sempat curhat-curhatan beberapa saat sii.. hehe....

Nice time with my friend ..Love u all as always


Sekaten - Yogyakarta Istimewa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: andhiart ab

0 comments:

Post a Comment

Untuk pembaca yang menginginkan pembahasan atau kunci jawaban dari post soal silahkan wa 08562908044 (fast respond) | monggo tinggalkan kritik, saran, komentar atau apapun ^_^