Thursday, December 22, 2011

Analisis Perbandingan Kadar Vitamin B2 (Riboflavin) pada Kuning Telur Ayam Kampung (Gallus domesticus) dengan Kuning Telur Ayam Ras (Gallus sp.)


Penelitian yang berjudul “Analisis Perbandingan Kadar Vitamin B2 (Riboflavin) pada Kuning Telur Ayam Kampung (Gallus domesticus) dengan Kuning Telur Ayam Ras (Gallus sp.)” ini bertujuan untuk mengetahui  kadar  kadar vitamin B2 (riboflavin) dalam kuning telur ayam kampung dan kuning telur ayam ras dan mengetahui perbedaan kadar vitamin B2 (riboflavin) dalam kuning telur ayam kampung dan kuning telur ayam ras.
Populasi dalam penelitian ini adalah kuning telur ayam kampung dan kuning telur ayam ras dari pasar tradisional di daerah Sleman, Yogyakarta. Sedangkan sampel yang digunakan masing-masing 1 mL kuning telur ayam kampung dan ayam ras yang diencerkan hingga volumenya menjadi 150 mL lalu diaduk hingga homogen. Sebanyak 10 ml larutan sampel ditambahkan 25 ml 0,1 N HCl kemudian mengatur pH dengan NaOH 1 N menjadi 6. Setelah pH mencapai ± 6 lalu mengasamkan kembali menjadi pH 4,5 dengan menggunakan HCl 1 N kemudian mengancerkan dalam labu ukur 100 ml dan terakhir menyaring melalui kertas saring whatman no. 42. Filtrat yang jernih sebanyak 10 ml ditambah dengan 3 tetes K3[Fe(CN)6] kemudian mengukur absorbansi riboflavin.
Kesimpulan penelitian menunjukkan  bahwa Kadar vitamin B2 (riboflavin) dalam kuning telur ayam kampung adalah 0,037% dan dalam kuning telur ayam ras adalah 0,024%. Pada taraf signifikan 1% ada perbedaan yang signifikan antara kadar vitamin B2 (riboflavin) pada larutan sampel kuning telur ayam kampung dengan larutan sampel kuning telur ayam ras.

Analisis Perbandingan Kadar Vitamin B2 (Riboflavin) pada Kuning Telur Ayam Kampung (Gallus domesticus) dengan Kuning Telur Ayam Ras (Gallus sp.) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: andhiart ab

2 comments:

  1. aslmkm, mba annisa. salam kenal. saya tertarik dengan penelitian riboflavin pada kuning telur ini. pada panjang gelombang berapa pengukuran riboflavin dengan spektro uv? berapa konsentasi K3FeCN6? serta berapa rentang kadar kurva kalibrasi riboflavin yang dibuat? terima kasih. (zia)

    ReplyDelete
  2. pada pjg gelombang 445 nm menggunakan spektro uv vis.
    konsentasi K3FeCN6 yg ditambahkan 3 tetes (uji kualitatif).
    rentang kadar kurva kalibrasi riboflavin yang dibuat 10 - 50 ppm.

    ReplyDelete

Untuk pembaca yang menginginkan pembahasan atau kunci jawaban dari post soal silahkan wa 08562908044 (fast respond) | monggo tinggalkan kritik, saran, komentar atau apapun ^_^