Tuesday, February 21, 2017

Orangtua Siswa dan Sekolah

Orang tua adalah guru terbaik untuk anak-anaknya. Ilmu pengetahuan dasar pertama kali anak mendapatkannya dari kedua orang tua. Maka dari itu penting bagi orang tua memiliki pengetahuan tentang parenting.
Walaupun orang tua adalah guru terbaik untuk anak-anaknya tetapi orangtua tidak bisa selamanya menjadi pendidik tunggal bagi anaknya. Ketika memasuki usia sekolah, orangtua wajib untuk menyekolahkan anak-anaknya karena hal ini adalah hak anak. Sebaiknya orang tua memilihkan sekolah untuk anak juga tidak asal pilih. Pilihlah sekolah anak sesuai dengan kebutuhan anak dan yang dapat mengembangkan bakat anak. Memang hal ini tidaklah mudah. Namun, jangan sampai karena kesalahan memilih sekolah untuk anak akan berdampak panjang bagi pertumbuhan anak yang kurang baik.
Dewasa ini banyak pilihan sekolah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anak kita. Sekolah yang tepat tidak harus mahal.
Ketika anak belajar di sekolah maka anak menjadi tanggung jawab pihak sekolah. Walaupun begitu bukan berarti orang tua lepas tangan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan anak ketika anak berada di sekolah. Dukungan orangtua terhadap sekolah sangatlah penting. Sebaiknya secara rutin orangtua mantau perkembangan anak selama di sekolah dengan menanyakan pada guru pengajar ataupun pihak sekolah lainnya yang menegerti tentang perkembangan anaknya selama di sekolah. Semakin baik hubungan orang tua dengan sekolah tempat anaknya belajar, maka makin baik perkembangan anak ketika di sekolah.
Banyak sekolah yang memiliki agenda rutin untuk pertemuan dengan orangtua siswa. Bahkan ada sekolah yang mengabarkan kehadiran anaknya di sekolah setiap hari.
Pada kebanyakan sekolah memang masih jarang untuk membuat pertemuan rutin dengan orangtua siswa. Paling tidak dalam setahun ada waktu dua kali untuk bertemu dengan orangtua siswa di sekolah yaitu saat pembagian raport.

Orangtua Siswa dan Sekolah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: andhiart ab

0 comments:

Post a Comment

Untuk pembaca yang menginginkan pembahasan atau kunci jawaban dari post soal silahkan wa 08562908044 (fast respond) | monggo tinggalkan kritik, saran, komentar atau apapun ^_^