Monday, February 20, 2017

Metode Mengajar Reaksi Turunan Hidrokarbon

Materi turunan hidrokarbon adalah materi kimia kelas 12 semester satu. Bagi sebagian besar siswa materi ini dirasa cukup sulit karena materi ini berkaitan erat dengan senyawa karbon yang diberikan saat kelas 10. Jika siswa lupa tentang materi senyawa karbon kelas 10, ada baiknya guru mengingatkan kembali akan materi tersebut.
Materi turunan hidrokarbon terdiri atas pengenalan gugus fungsi, tata nama, reaksi kimia, dan manfaat dari senyawa turunan hidrokarbon. Pada bagian pengenalan gugus fungsi, jika siswa sudah paham aturan penamaan senyawa organik pada materi senyawa karbon, maka siswa tidak akan terlalu kesulitan. Siswa tinggal menambah pengetahuan kosa kata pada aturan tata nama senyawa turunan hidrokarbon. Sebaiknya guru memberikan contoh penamaan untuk setiap gugus fungsi, kemudian siswa diberi latihannya.
Materi reaksi kimia jika disampaikan secara ceramah kemungkinan siswa akan merasa bosan dan sulit untuk mengerti. Jika dipraktikan sesuai dengan teori maka akan memerlukan banyak biaya dan waktu untuk pengerjaannya. Salah satu metode mengajar untuk materi reaksi senyawa turunan hidrokarbon yang bisa Anda coba adalah puzzle reaksi. Puzzle reaksi yaitu siswa diminta untuk menyusun kartu-kartu berisi senyawa yang tersedia kemudian direkasikan dan menghasilkan produk yang tersedia juga dalam kartu. Pada metode puzzle reaksi ini maka guru perlu membuat kartu reaksi yang berisi zat-zat yang bereaksi dan hasil reaksi pada reaksi senyawa turunan hidrokarbon.
Siswa dapat memainkan permainan puzzle reaksi ini secara berkelompok maupun sendiri-sendiri. Jangan lupa untuk memberi siswa handout tentang materi reaksi kimia senyawa turunan hidrokarbon sebagai acuan siswa menyusun puzzle reaksi.

Metode Mengajar Reaksi Turunan Hidrokarbon Rating: 4.5 Diposkan Oleh: andhiart ab

0 comments:

Post a Comment

Untuk pembaca yang menginginkan pembahasan atau kunci jawaban dari post soal silahkan wa 08562908044 (fast respond) | monggo tinggalkan kritik, saran, komentar atau apapun ^_^