Tuesday, March 5, 2013

Waduk Wadaslintang Kebumen

Salah satu tempat wisata yang bernuansa alam di Kebumen adalah Waduk Wadaslintang. Oleh karena itulah, setelah lama tidak berlibur bersama, akhirnya tanggal 25 Februari 2013 kemarin saya beserta saudara menikmati pemandangan yang indah di waduk Wadaslintang.

Mulanya kami berencana untuk pergi ke Wadaslintang sekitar pukul 8 pagi, tapi karena suatu hal akhirnya setelah pukul 9 kami baru bisa memacu sepeda motor kami menuju kesana. Lama perjalanan yang harus ditempuh dari rumah saya di kambangsari menuju Waduk Wadaslintang sekitar 40 menit dengan kecepatan sedang. Kondisi jalan menuju ke sana lumayan bagus dan sudah di aspal semua. Rute yang kami tempuh yaitu melalui Jalan Desa Kambangsari-Seliling-Sawangan, lalu belok kanan tepat di perempatan Sawangan. Selanjutnya Lurus terus mengikuti jalan raya utama nanti pasti sampai di Wadaslintang.

Alhamdulillah sekali cuaca pada hari itu sangat cerah sehingga semangat kami untuk mengabadikan pemandangan dengan kamera pocket semakin bertambah. Begitu sampai di Wadaslintang ternyata pasih tergolong pagi sehingga masih agak sepi. Setelah parkir sepeda motor di bawah pohon di dekat warung kecil, kami pun segera turun mendekat ke bibir waduk. Ya, kami parkir motor di tempat tersebut karena memang tidak ada tempat parkir khusus, sayang sekali yaa. Sayangnya lagi, di tempat sebagus itu, fasilitas pendukung belum terlalu lengkap seperti tempat MCK dan jumlah pedagang terbatas.

Selain pemandangan yang bagus, pengunjung juga dapat menikmati perahu untuk mengelilingi waduk dengan tarif 10 ribu sekali jalan. Terlihat juga banyak tambak-tambak yang berada di Waduk tapi sayang saat itu saya tidak bisa melihat lebih dekat karena sudah siang dan panas sekali.

Menurut sumber dari Wikipedia, Waduk Wadaslintang adalah waduk yang terletak di wilayah Kecamatan Wadaslintang, Jawa Tengah, Indonesia. Waduk ini memiliki beberapa fungsi penting yang menopang kehidupan warga di sekitarnya. Beberapa fungsi utama Waduk Wadaslintang antara lain:

  1. Irigasi
  2. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)
  3. Perikanan
  4. Pariwisata
  5. Mencegah banjir
  6. Penampung air
Waduk Wadaslintang terletak di bagian selatan wilayah Kecamatan Wadaslintang berbatasan dengan kecamatan Padureso di Kabupaten Kebumen. Waduk ini menggunakan Kali Gede sebagai sumber air utamanya dengan beberapa anak sungai kecil lainnnya yang menyuplai air ke Waduk Wadaslintang. Dalam proses pembangunannya, Waduk Wadaslintang memakan beberapa desa sehingga mengharuskan warganya untuk berpindah tempat tinggal. Proses pembangunan waduk ini dilakukan dalam masa pemerintahan Presiden Soeharto. Butuh waktu 7 tahun untuk membagun waduk wadaslintang, pembangunan dimulai pada tahun 1982 dan selesai pada tahun 1988. Waduk ini terkenal sebagai lokasi favorit untuk rekreasi memancing bagi para penggemar olah raga memancing. Biasanya pada akhir pekan dan hari libur, banyak pemancing baik dari dalam maupun luar kota yang mengunjungi waduk ini.

Berikut adalah beberapa foto koleksi pribadi saya di Waduk Wadaslintang











 

Waduk Wadaslintang Kebumen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: andhiart ab

1 comments:

  1. mantap, rumah saya sekitar 500m dari situ, tepatnya padureso.
    http://otoradians,blogspot.com

    ReplyDelete

Untuk pembaca yang menginginkan pembahasan atau kunci jawaban dari post soal silahkan wa 08562908044 (fast respond) | monggo tinggalkan kritik, saran, komentar atau apapun ^_^