Sunday, December 6, 2009

PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK MENJADI KOMPOS


Sampah organic, sering juga disebut sampah basah, memiliki sifat mudah diuraikan oleh mikroba pengurai. Sampah organic dapat dibuat kompos dengan cara yang sangat sederhana dan murah. Pembuatan kompos dapat dilakukan di rumah tangga, sekolah, kantor atau tempat lain. Salah satu cara sederhana pembuatan kompos adalah sebagai berikut:
A. Alat dan Bahan
1. Komposter
2. Sprayer
3. Alat pengaduk
4. Biostarter atau biang kompos
5. Sampah organic hasil sisa dapur dan hasil sapuan yang mudah busuk, seperti daun-daunan, sayur, dan kulit buah.

B. Langkah-langkah Pembuatan Kompos
1. Sampah organic seperti daun, sisa makanan, sayur, dan kulit buah dicacah/dipotong kecil-kecil ± 2 cm.
2. Masukkan sampah yang sudah dicacah ke dalam komposter. Untuk sisa sayur yang berkuah, ditiriskan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam komposter.
3. Semprot sampah dalam komposter dengan biostarter sampai lembab. Penyemprotan jangan terlalu basah.
4. Tutup komposter dan letakkan komposter pada tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari dan hujan secara langsung.
5. Setiap kali menambah atau memasukkan sampah organic baru, semprotkan biostarter.
6. Periksa sampah dalam komposter sekitar 3 hari sekali. Jika sampah terlalu kering, semprot atau percik dengan air dan aduksampai rata. Jika terlalu basah, tambahkan serbuk arang/bekatul/serbuk gergaji dan aduk hingga rata.
7. Dalam proses pengomposan ini juga akan terbentuk cairan yang disebut lindi. Lindi dapat berfungsi sebagai pupuk cair. Lindi diambil melalui kran yang terpasang pada komposter. Untuk pemakaian, pupuk cair ini harus diencerkan 10 hingga 20 kali terlebih dahulu (1:10) terlebih dahulu.
8. Jika komposter telah penuh dan ada sampah baru, dimasukkan dalam komposter kedua. Namun jika memiliki satu komposter, maka sampah yang ada dalam komposter, dapat dimasukkan dalam karung plastic (bagor) untuk pematangan, dan komposter dapat digunakan untuk memproses sampah organic yang baru.
9. Kompos akan matang atau siap pakai kira-kira 4 minggu. Kompos matang ditandai dengan warna gelap dan remah.
10. Bongkar sampah yang telah matang dan angin-aginkan. Kompos dapat langsung dipakai untuk memupuk tanaman.
11. Jika akan dikemas, kompos diayak terlebih dahulu. Sisa kompos yang masih kasar dapat dimasukkan kembali ke dalam komposter guna mempercepat proses pengomposan yang ada di komposter.

PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK MENJADI KOMPOS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: andhiart ab

0 comments:

Post a Comment

Untuk pembaca yang menginginkan pembahasan atau kunci jawaban dari post soal silahkan wa 08562908044 (fast respond) | monggo tinggalkan kritik, saran, komentar atau apapun ^_^