Tuesday, April 5, 2022

Mata Merah Seperti Berdarah | andhiart sharing

Pagi hari setelah bangun tidur pada hari Selasa tanggal 15 Februari 2022 saat bercermin betapa kagetnya aku melihat mata kananku bagian ujung yang dekat hidung berwarna merah. Bagian yang berwarna merah cukup banyak hampir sepertiga bagian mata kanan. Aku mencoba tidak panik karena sebelumnya aku pernah mengalami hal ini. Namun, dulu mataku merah seperti berdarah dikarenakan aku jatuh dari motor. Kata dokter waktu itu ada pembuluh darah di mata yang pecah sehingga mata berdarah dan berwarna merah. Pembuluh darah di mata pecah biasanya dikarenakan karena benturan atau tekanan yang keras, seperti dikasusku yaitu kecelakaan motor.

Mata merah seperti berdarah kali ini cukup membuat khawatir karena aku tidak mengalami kecelakaan atau benturan apapun tau-tau bangun tidur mata sudah merah. Mencoba menenangkan diri dengar berpikir, oh mungkin semalem tidak sengaja mengucek mata terlalu berlebihan, memang semenjak KBM online mata ini sering gatal jadi reflek pengen ngucek. Atau bisa jadi karena semalem aku batuk hebat karena salah makan, sehingga batuk hebat tersebut memberikan tekanan berlebih ke mata yang menyebabkan pembuluh darah di mata pecah.

Tanpa menunggu lama, hari itu juga aku daftar periksa ke RS YAP, kenapa ke YAP? Karena mantep aja kesana, peralatan lengkap, fasilitas dan pelayanannya baik. Aku daftar melalui wa kemudian dapat nomor antrian. Karena aku belum punya kartu YAP dan RM, maka saat di YAP aku daftar ulang ke bagian pendaftaran tetapi nomor urut tetap sama seperti yang diberikan melalui wa. Mendaftar terlebih dahulu dan diberikan estimasi waktu periksa membuat waktu menunggu giliran di periksa tidak begitu lama, lebih efisien menurutku. 

Selesai dari bagian pendaftaran aku diarahkan untuk menunggu di depan ruang periksa. Sebelum bertemu dokter, dilakukan pengecekan oleh perawat, ditensi, tes penglihatan mata, dan cek kondisi mata dengan alat. Alhamdulillah semuanya hasilnya baik tidak ada sesuatu yang berbahaya. Selain itu juga ditanya obat yang sedang dikonsumsi, riwayat kesehatan, alergi obat, serta aktivitas harian.

Keluar dari ruang cek up perawat menunggu lagi untuk bertemu dokter. Tidak lama menunggu akhirnya aku dipanggil masuk bertemu dokter. Kuceritakan semua mendetail tentang bagaimana kudapati mata merahku. Dokter memeriksa kembali menggunakan alat. Benar adanya, memang ada pembuluh darah di mata yang pecah, tapi dokter tidak bisa memastikan penyebabnya karena memang biasanya hal tersebut dikarenakan karena benturan atau tekanan, sedangkan aku merasa tidak mengalami iti semua. Dokter menenangkan bahwa kondisi mataku tidak apa-apa, akan diberi tetes mata untuk menghilangkan darah tersebut memang butuh waktu lumayan lama. Selesai periksa dokter kemudian antri obat di farmasi dan bayar di loket pembayaran dan semua itu tidak lama, hanya sebentar.

Obat tetes mata
Kondisi mata pada 16 Feb 2022

Periksa kali ini habis sekitar 200an ribu. Obat tetes mata hanya satu jenis, diteteskan 1 tetes tiap 3 jam sekali dari jam 6 pagi sampai jam.9 malam.

Sehari setelah memakai obat, daerah berwarna merah di mata makin melebar tapi lama-lama semakin berkurang. Kurang lebih 1- 2 minggu warna merah di mata sudah hilang alhamdulillah.

Kondisi mata pada 18 Feb 2022

Kondisi mata pada 21 Maret 2022

Saat sakit mata segeralah ke dokter, jangan coba-coba memberi obat mata dengan spekulasi sendiri. 

Mata Merah Seperti Berdarah | andhiart sharing Rating: 4.5 Diposkan Oleh: andhiart ab

0 comments:

Post a Comment

Untuk pembaca yang menginginkan pembahasan atau kunci jawaban dari post soal silahkan wa 08562908044 (fast respond) | monggo tinggalkan kritik, saran, komentar atau apapun ^_^