Monday, March 11, 2013

Soal dan Pembahasan Momen Gaya & Kesetimbangan Benda Tegar


  1. Pada sebuah benda bekerja gaya 20 N seperti pada gambar. Jika titik tangkap gaya berjarak 25 cm dari titik P. Berapakah besar momen gaya terhadap titik P? 
  2. Sebuah gaya F = (3i + 5j) N memeiliki lengan gaya r = (4i + 2j) m terhadap suatu titik poros. Vektor i dan j berturut-turut adalah vektor satuan yang searah dengan sumbu-x dan sumbu-y pada koordinat kartesian. Berapakah besar momen gaya yang dilakukan gaya F terhadap titik poros? 
  3. Batang AC yang panjangnya 30 cm diberi gaya seperti terlihat pada gambar. Jika BC = 10 cm dan F1 = F2 = 20 N, berapakah momen gaya total terhadap titik A?
  4. Empat partikel dihubungkan dengan batang kayu yang ringan dan massanya diabaikan seperti pada gambar berikut. Jika jarak antarpartikel sama, yaitu 20 cm, berapakah momen inersia sistem partikel tersebut terhadap (a) poros PQ; (b). poros RS. 
  5. Sebuah roda berputar dari kecepatan 10 rad/s menjadi 70 rad/s karena mendapat momen gaya tetap dalam waktu 3 sekon. Jika momen kelembaman roda 4 kg m2, tentukanlah besar momen gaya tersebut. 
  6. Sebuah bola pejal yang berdiameter 40 cm berotasi dengan poros yang melalui pusat bola. Persamaan kecepatan sudut bola adalah (5 + 20t) rad/s dengan t dalam sekon. Apabila massa bola 4 kg, tentukan momen gaya yang bekerja pada bola.
  7. Sebuah benda pejal bermassa M dan berjari-jari R, memiliki momen inersia I = kMR2. Benda tersebut menggelinding pada suatu bidang miring dengan sudut kemiringan, seperti tampak pada gambar. Berapakah percepatan yang dialami benda pejal tersebut? 
  8. Batang AC bermassa 40 kg dan panjangnya 3 m. Jarak tumpuan A dan B adalah 2 m (di B papan dapat berputar) seorang anak bermassa 25 kg berjalan dari A menuju C. Berapa jarak minimum anak dari titik C agar papan tetap setimbang (ujung batang A hampir terangkat)?
  9. Sistem terlihat pada gambar. Massa batang homogen AB  adalah 50 kg dan massa bebannya 150 kg. Ujung A diengselkan ke tembok, sedangkan beban dihubungkan ke ujung B dengan seutas tali melalui sebuah katrol. Massa tali dan gesekan pada katrol diabaikan, g = 10 m/s2, dan sinθ  =7/16. hitunglah tegangan talinya. 
  10. Soal nomer 10 bonus sehingga ada jawabannya :) 
  11.  Perhatikanlah gambar di bawah ini!
  12.  

download jawaban dan pembahasan Momen Gaya & Kesetimbangan Benda Tegar di SINI

Soal dan Pembahasan Momen Gaya & Kesetimbangan Benda Tegar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: andhiart ab

4 comments:

  1. ada cerita seru di www.bukuhidupandre.blogspot.com gak nyesel deh kalau udah baca, biar ga pusing

    ReplyDelete
  2. Bermanfaat banget, terima kasih untuk soal soal nya mba..sy lihat banyak posting berkaitan dengan soal fisika SMA, Mba guru Fisika SMA ya? Semangat untuk berkarya membantu orang lain..

    ReplyDelete

Untuk pembaca yang menginginkan pembahasan atau kunci jawaban dari post soal silahkan wa 08562908044 (fast respond) | monggo tinggalkan kritik, saran, komentar atau apapun ^_^