Friday, December 14, 2012

Guru Sebagai Pembimbing di dalam Memahami Peserta Didik

Guru sebagai pembimbing (konselor), dituntut untuk mengadakan pendekatan bukan saja melalui pendekatan instruksional akan tetapi dibarengi dengan pendekatan yang bersifat pribadi (personal approach) dalam setiap proses belajar mengajar berlangsung. Dengan pendekatan pribadi semacam ini guru akan secara langsung mengenal dan memahami peserta didiknya secara lebih mendalam sehingga dapat membantu dalam keseluruhan proses belajarnya. Sesuai dengan peran guru sebagai pembibing (konselor) adalah ia diharapkan akan dapat merespons segala masalah tingkah laku yang terjadi dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru harus dipersiapkan agar:
1) Dapat menolong peserta didik memecahkan masalah-masalah yang timbul antar peserta didik dengan orang tuanya.
2) Bisa memperoleh keahlian dalam membina hubungan yang manusiawi dan dapat mempersiapkan untuk berkomunikasi dan bekerja sama dengan bermacam-macam manusia.


Pada akhirnya guru akan memerlukan pengertian tentang dirinya sendiri, baik itu motivasi, harapan, prasangka, ataupun keinginanya. Semua hal akan memberikan pengaruh pada kemampuan guru dalam berhubungan dengan orang lain, terutama siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru sebagai pembimbing dalam proses belajar mengajar. Sebagai pembimbing dalam proses belajar mengajar, guru diharapkan mampu untuk:
1) Memberikan berbagai informasi yang diperlukan dalam proses belajar
2) Membantu setiap siswa dalam mengatasi masalah-masalah pribadi yang dihadapinya.
3) Mengevaluasi keberhasilan setiap langkah kegiatan yang telah dilakukannya.
4) Memberikan kesempatan yang memadai agar setiap siswa dapat belajar sesuai dengan karakteristik pribadinya.
5) Mengenal dan memahami setiap siswa baik secara individual maupun secara kelompok.

source: Dewa Ketut Sukardi dan P.E. Nila Kusmawati. (2008). Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Guru Sebagai Pembimbing di dalam Memahami Peserta Didik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: andhiart ab

0 comments:

Post a Comment

Untuk pembaca yang menginginkan pembahasan atau kunci jawaban dari post soal silahkan wa 08562908044 (fast respond) | monggo tinggalkan kritik, saran, komentar atau apapun ^_^