Friday, February 10, 2012

SKRIPSI #1

Ini adalah perjalanan saya menyusun skripsi. Bagi setiap mahasiswa tingkat akhir menyusun skripsi tentu menjadi hal utama dan memang harus diutamakan. Ada yang menganggap skripsi sebagai momok yang menakutkan ada yang biasa saja ada yang menganggapnya mudah. Bagaimana menurut Anda?

Saat ini, alhamdulillah proposal skripsi saya sudah diACC oleh kedua dosen pembimbing. Dosen pembimbing saya yang pertama adalah Dr. Hari Sutrisno. Dosen pembimbing saya yang kedua adalah Dyah Purwaningsih, M. Si. Keduanya adalah dosen Kimia Anorganik dan alhamdulillahnya juga saya senang dapat bimbingan dari beliau-beliau. Proposal skripsi saya di acc Pak Hari tanggal 19 Januari 2012, dan oleh Bu Dyah kalau tidak lebih 2 minggu setelahnya.

Mungkin banyak yang mengeluh kalau dosen pembimbing (dosbing) susah ditemui lah, ngoreksinya lama lah, suka marah-marah lah, alhamdulillah hal itu tidak terjadi pada saya. Dosbing saya mudah ditemui dan untuk masalah ngoreksi cukup dua hari saja saya sudah bisa melihat hasilnya. Alhamdulillah sampai saat ini keduanya belum pernah marah, semoga saja jangan ^_^

Sejauh saya menjalani proses menyusun skripsi sampai saat ini, kesabaran dan keuletan sangat penting dalam menyusun skripsi. Sabar untuk menunggu dosen untuk ketemuan dan mengoreksi dan harus ulet mengerjakan skripsi. Ada yang bilang harus ada kontinuitas dalam menyusun skripsi, karena apabila berhenti sebentar saja maka untuk memulainya akan sangat sulit dah malas, hahaha... Minimal gaulilah skripsimu setiap hari walaupun hanya membuka file nya saja.

Setelah proposal acc, proses selanjutnya adalah seminar proposal dan untuk saya insyaalloh kalau tidak ada halangan dilaksanakan pada hari Jumat 17 Februari 2012. Seminar dilaksanakan pada hari Jumat karena di jurusan saya ada kebijakan untuk Seminar TAS dan Ujian TAS dilaksanakan hari rabu atau jumat yang pada kedua hari tersebut jadwal mengajar dosen-dosen kimia sengaja dikosongkan.

Ada beberapa persyaratan administrasi sebelum mengadakan seminar proposal, berikut alurnya:

  1. Setelah semua dosbing acc proposal, mintalah ttd
  2. Menuju ke Jurusan untuk meminta blanko mau seminar, dalam hal ini saya minta pada Mbak Fina "Mbak mau ngurus seminar", nanti Mbak Fina memberi dua lembar kertas. Lembar pertama adalah surat kedesiaan sebagai penguji. Lembar kedua adalah format proposal skripsi yang nantinya diisi oleh dosen saat kita seminar berisi bagian pendahuluan, isi, dan akhir proposal secara garis besar (lembar ini dicopy 4x).
  3. Meminta ttd keempat dosen (2 dosbing, dan 2 dosen penguji) sekaligus menentukan hari untuk seminar dan minta ttd koordinator TAS.
  4. Minta dibuatkan undangan seminar pada Mbak Fina dengan menunjukkan proposal yang sudah di acc dan di-ttd dan lembar kesedian sebagai penguji. (Undangan di print-kan oleh Mbak Fina dan dimintakan ttd Sekretaris Jurusan). Proses membuat undangan ini bisa ditunggu beberapa lama sampai jadi.
  5. Membeli stopmap warna ijo untuk Seminar?Ujian TAS (5 Stopmam Rp7500)
  6. Menyerahkan undangan dan proposal pada keempat dosen minimal 3 hari sebelum seminar.
  7. Mempersiapkan diri dan belajar untuk Seminar. Man Jadda Wajada
Bismillah, semoga dimudahkan dalam seminar, tidak banyak revisi, dan mendapatkan hasil yang maksimal.



SKRIPSI #1 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: andhiart ab

1 comments:

Untuk pembaca yang menginginkan pembahasan atau kunci jawaban dari post soal silahkan wa 08562908044 (fast respond) | monggo tinggalkan kritik, saran, komentar atau apapun ^_^