Saturday, December 3, 2011

Spesifiktifitas Target dan Selektifitas Antar Spesies


Spesifiktifitas target dan selektifitas adalah faktor penting dalam penelitian kimia obat modern. Makin Slektif sebuat obat pada targetnya, kecil kesempatan bahwa obat akan berinteraksi dengan target yang berbeda dan kecil kemungkinan bahwa obat akan tak ada keinginan efek samping.
                Pada area agen antimikroba, target terbaik untuk memilih adalah yang unik pada mikroba dan yang tidak ada pada manusia, sebagai contoh target penisilin, sebuah enzim terlibat dalam dinding sel bakteri biosintesis. Sejak sel mamalia tidak memiliki dinding sel, enzim ini tidak ada dalam tubuh dan penisilin memiliki sedikit efek samping.
                Ciri-ciri lain yang unik dalam mikroorganisme dapat juga disasarkan. Sebagai contoh, mikroorganisme yang menyebabkan penyakit tidur  mendorong dengan yang disebut ekor seperti struktur yang disebut flagella. Ciri-ciri ini tidak dimunculkan dalam sel mamalia dan juga perancangan obat yang akan mengikat potein yang mendukung flagella dan melindunginya dari pekerjaan yang dapat berpotensial berguna dalam
penyembuhan penyakit tidur.
                Semua yang telah dibicarakan tersebut, hal ini masih memungkinkan untuk mendesain obat berlawanan dengan target yang keduanya hadir dalam tubuh manusia dan mikroba, sejauh obat menunjukkan selektifitas berlawanan target mikroba. Secara keberuntungan ada perbedaan signifikan antar target untuk mengijinkan selektifitas. Sebuah enzim yang mengkatalis sebuah reaksi dalam sel bakteri secara signifikan berbeda dari ekuifalen enzim dalam sel manusia.

pustaka:
Graham L. Patrick, Medicinal Chemistry

Spesifiktifitas Target dan Selektifitas Antar Spesies Rating: 4.5 Diposkan Oleh: andhiart ab

0 comments:

Post a Comment

Untuk pembaca yang menginginkan pembahasan atau kunci jawaban dari post soal silahkan wa 08562908044 (fast respond) | monggo tinggalkan kritik, saran, komentar atau apapun ^_^