Saturday, March 5, 2011

Analisis Buku

Analisis Kelayakan buku Kimia kelas X semester 1


KELAYAKAN ISI

Item 1

SK tercantum secara implisit

Penjelasan

SK tercantum secara implisit pada setiap awal bab.

Item 1

KD tercantum secara implisit

Penjelasan

KD tercantum secara implisit pada setiap awal bab.

Item 1

Kesesuaian isi buku dengan SK dan KD

Penjelasan

Isi buku yang disajikan sudah sesuai dengan SK dan KD. Materi yang disajikan mencakup pengenalan konsep dan prinsip kimia sampai interaksi antar konsep dan antar prinsip dengan memperhatikan ranah kognitif afektif dan psikomotor.


PENYAJIAN

Item 1

Daftar Isi

Penjelasan

Memuat judul bab dan subbab dari bagian teks disertai dengan nomor halaman yang sesuai dengan halaman bab dan subbab pada isi. Daftar isi itempatkan pada halaman baru.

Penomoran halaman hanya sesuai untuk buku dalam bentuk fisik tetapi tidak sesuai untuk buku bila dalam bentuk elektronik. Sebaiknya ada keterangan halaman untuk penggunaan dalam bentuk elektronik.

Daftar isi dibuat dua kolom sehingga membuat pembaca tidak bisa fokus pada satu arah pandang pada buku. Sebaiknya dibuat satu kolom saja.

Item 2

Tujuan setiap bab

Penjelasan

Tujuan setiap bab tercantum secara eksplisit ditulis lengkap dan jelas pada awal bab. Tujuan setiap bab sesuai dengan indikator pada silabus.

Item 3

Ringkasan

Penjelasan

Pada setiap akhir bab tercantum ringkasan dari semua isi bab. Ringkasan ditulis sangat ringkas tetapi tidak melupakan konsep yang akan disampaikan kepada peserta didik. Ringkasan tersebut sangat memudahkan peserta didik untuk memahami keseeluruhan isi bab.

Item 4

Kata Kunci

Penjelasan

Dalam buku ini kata kunci tercantum secara eksplisit pada awal bab yang berisi inti dari materi yang akan dipelajari.

Ietm 5

Pertanyaan atau soal latihan

Penjelasan

Pertanyaan yang berupa uji kompetensi disajikan pada setiap akhir bab. Pertanyaan yang disajikan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai pada setiap bab.

Selain uji kompetensi, pada setiap sub bab juga disajikan soal latihan yang dapat memperdalam pengetahuan peserta didik. Tugas kelompok dan tugas individu juga disajikan disetiap bab, sehingga dapat memperluas pengetahuan peserta didik.

Item 6

Daftar pustaka

Penjelasan

Penulisan daftar pustaka yang berasal dari buku non fiksi sudah ditulis sacara alfabetis dan sudah mengikuti aturan penulisan daftar pustaka yang baku. Tetapi pada penulisan daftar pustaka yang berasal dari internet belum ditulis secara lengkap dan tidak sesuai aturan yang baku.


KEGRAFIKAN

Item 1

Kulit Buku

Penjelasan

Sampul buku bagian depan ditampilkan secara menarik. Pemilihan huruf baik itu jenis huruf maupun ukuran huruf juga sudah sesuai. Namun, pada cover bagian belakang hanya berupa tampilan kosong berwarna hijau. Sebaiknya pada sampul bagian belakang dituliskan isi dari buku tersebut secara umum sehingga memudahkan peserta didik untuk mengetahui apa tujuan dari buku tersebut.

Item 2

Isi buku

Penjelasan

Materi buku yang disampaikan dalam bentuk teks dan ilustrasi ditampikan secara komunikatif, serasi, proporsional dan konsisten berdasarkan pola tata letak tertentu. Peta konsep diletakkan pada bagian awal bab, sehingga memudahkan peserta didik dalam memahami konsep - konsep yang ada pada bab tersebut.

Item 3

Keterbacaan

Penjelasan

Pemilihan ukuran huruf dan jenis huruf sudah sesuai dengan tingkat pendidikan peserta didik yaitu kelas X semester 2. Namun buku ini kurang colorful karena sebagian besar didominasi oleh warna pink dan gambar – gambar yang tercantum tidak berwarna.

Item 4

Kualitas Cetakan

Penjelasan

Gambar – gambar yang terdapat pada buku ini tidak berwarna sehingga kurang membantu siswa dalam memahami materi. Seperti yang terlihat pada halaman 150 tentang uji elektrolit yang menunjukkan tentang nyala lampu pada larutan. Gambar tersebut kurang jelas dan tidak berwarna sehingga membingungkan peserta didik untuk membedakan nyala lampu tersebut.

Item 5

Kekuatan Fisik Buku

Penjelasan

Buku ini adalah buku sekolah elektronik sehingga kita tidak mengetahui bagaimana kekuatan fisik buku.

Analisis Buku Rating: 4.5 Diposkan Oleh: andhiart ab

0 comments:

Post a Comment

Untuk pembaca yang menginginkan pembahasan atau kunci jawaban dari post soal silahkan wa 08562908044 (fast respond) | monggo tinggalkan kritik, saran, komentar atau apapun ^_^